Kumpulan Informasi Bergambar Tentang Keris Lengkap

Rabu, 16 Desember 2020

Senjata Jenis Keris Melayu

Dalam filem melayu klasik tentang melaka diserang portugis pada 1511 orang melayu hanya menggunakan keris tombak lembing dan seumpama dengannya untuk mempertahankan kota. Keris adalah senjata tikam golongan belati berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan nusantara bagian barat dan tengah.

Pin Di Senjata Alam Melayu

Senjata dapat digunakan untuk menyerang maupun untuk mempertahankan diri dan juga mengancam dan melindungi.

Senjata jenis keris melayu. Beladau merupakan salah satu senjata tradisional melayu dengan jenis tusuk. Beladau hanya memiliki panjang sekitar 24 cm saja. Senjata tradisional keris pengertian mandau golok aceh jawa madura.

Sebenarnya pada waktu itu orang melayu telah pun menggunakan senjata api sendiri seperti senapang dan meriam. Namun ia tidaklah bermakna senjata ini dipinggirkan malah masih mendapat banyak permintaan. Di percayai berasal dari pulau sulawesi digunakan olih pahlawan bugis dan masyarakat moro filipinah.

Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar sering kali bilahnya berkelok kelok dan banyak di antaranya memiliki pamor damascene yaitu. Mula diperkenalkan di tanah melayu pada abad ke 17. Senjata beladau yaitu pisau belati yang tajam pada salah satu sisinya.

Keris sundang dianggap sebagai raja bagi segala senjata melayu. Ia digunakan sebagai senjata untuk menetak memancung dan melibas jarang sekali digunakan untuk menikam. Oleh itu terdapat pelbagai jenis senjata sesuai dengan seni serantau.

Merupakan suatu alat yang digunakan untuk melukasi membunuh atau menghancurkan suatu benda. Selain senjata azmi azhar mahir membuat batu cincin dan turut menjual pelbagai jenis kayu hutan untuk pelbagai tujuan. Senjata ini sering digunakan sebagai sarana perlindungan diri dari serangan jarak dekat dengan musuh.

Keris keris merupakan senjata pendek yang digunakan oleh orang melayu sejak zaman keagungan pemerintahan kesultanan melayu lebih daripada 800 tahun yang lampau terutamanya pendekar pahlawan serta kalangan pembesar istana. Beragam nama keris melayu khususnya di semenanjung melayu malaysia yang masih dikenal hingga hari ini di antaranya. Oleh itu terdapat pelbagai jenis senjata sesuai dengan seni serantau.

Keris sepukal keris sempena keris cerita keris picit keris tajung keris sulok belingkong lok tiga keris apit liang lok lima keris jenoya lok tujuh keris rantai lok hingga 21 lok keris andus 23 sampai 29 lok keris melela keris tok chu keris beko keris beko debek keris lepeng terengganu keris tajung keris pekaka dan keris coteng. Kini keris hanya digunakan pada majlis kebesaran masyarakat melayu atau sebagai perhiasan. Keris keris merupakan senjata pendek yang digunakan oleh orang melayu sejak zaman keagungan pemerintahan kesultanan melayu lebih daripada 800 tahun yang lampau terutamanya pendekar pahlawan serta kalangan pembesar istana.

Pin On Arms And Armor

Cintailah Keris Senjata Antik Indonesia

Keris 15 Antik Pedang Senjata

Pin Oleh Hadi Purnomo Di Tosan Aji Ilustrasi Buku Leiden Senjata

Pin On Antique Arms Armour

Pin Di Senjata Alam Melayu

Keris Sword 1300s H Arm Melayu Islaam Pedang Tombak Indonesia

Pin On Custom Knives

Keris Khusus Semenanjung Senjata Indonesia

Pin Di Senjata Alam Melayu

Senjata Tradisional Keris Pedang Tombak Benda Antik Dan Kuno Lainnya Keris Corok Tilam Upih Pedang Antik Pisau


0 komentar:

Posting Komentar