Kumpulan Informasi Bergambar Tentang Keris Lengkap

Sabtu, 28 November 2020

Nama Jenis Hulu Keris

Ianya dinamakan keris bahari dan mempunyai mata yang panjang tirus lurus atau pun berlok sehingga ia juga disebut keris panjang. Hulu keris terdiri dari pelbagai bentuk seni ukiran dan jenis bahan pembuatannya.

Keris Kris Seni Tradisional Museum Foto Langka

Tempat keris blawong keris jumbo.

Nama jenis hulu keris. Hulu ini di bahagikan mengikut rupabentuk percampurannya dan di sebut. Handle keris gading jenis hulu keris hulu keris melayu gagang keris jawa hulu keris pekaka jual gagang keris hulu keris untuk dijual. Hulu keris melayu juga punya berbagai nama seperti hulu anak ayam teleng anak ayam sejuk jawa demam kakaktua tapak kuda dan pekaka.

Berbagai jenis hulu keris disertai gambar yang ada di nusantara mulai dari jawa madura bali lombok sumatera sulawesi hingga kalimantan disajikan dengan lumayan apik untuk menambah referensi atau pengetahuan. Keris jenis sumatra. Lazimnya mempunyai keratan lintang mata yang bujur panjang adakalanya terdapat tulang tulang belakang pada kedua belah matanya.

Kemudian motif ragam hias di hulu keris melayu juga beraneka macam seperti bermotifkan bunga timbul awan larat bunga tebuk ketam guri bentuk fauna dan lainnya. Memang sebagian besar pecinta keris baik di pulau jawa maupun di daerah lain mengganggap keris bukan sekadar benda yang terbuat dari besi baja dan pamor yang dibentuk indah. Keris jenis ini ditentukan pada mata hulu dan sarungnya.

Bagian yang harus ada adalah bilah. Hulu keris melayu juga punya berbagai nama seperti hulu anak ayam teleng anak ayam sejuk jawa demam kakaktua tapak kuda dan pekaka. Keris atau dhuwung terdiri dari tiga bagian utama yaitu bilah wilah atau daun keris ganja penopang dan hulu keris ukiran pegangan keris.

Hulu keris dapat terpisah maupun menyatu dengan bilah. Terdapat jenis hulu yang mempunyai ciri ciri dari kumpulan tertentu. Berapa jenis hulu yang cukup popular penggunaannya untuk keris melayu adalah hulu tajung jawa demam pekaka patah tiga atau kerdas ayam teleng burung kakak tua dan lain lain lagi.

Kemudian motif ragam hias di hulu keris melayu juga beraneka macam seperti bermotifkan bunga timbul awan larat bunga tebuk ketam guri bentuk fauna dan lainnya. Dengan nama allah yang maha pemurah lagi maha penyayang. Keris itu dihiasi dengan untaian bunga mawar melati yang dikalungkan pada hulu batang keris.

Ternyata itu bukan hanya sekedar hiasan melainkan mengandung makna untuk mengingatkan orang agar jangan memiliki watak beringas emosional pemarah adigang adigung adiguna sewenang wenang dan mau menangnya sendiri seperti watak harya penangsang. Ganja tidak selalu ada tapi keris keris yang baik selalu memilikinya. Jenis pamor keris berbicara mengenai budaya keris tanpa menyinggung soal tuahnya bagaikan makan sup tanpa garam hal itu memang benar adanya.

Sangat jarang pecinta keris disuguhkan buku dengan niche khusus seperti tema hulu keris. Sebanyak 1919 hulu keris yang terdapat di perantauan ini dijadikan.

Pin Oleh Nisaul Hasanah Di Tosan Aji Sejarah Seni Ukiran

Ganesh Keris Hulu Ukiran

Jenis Keris Kesaktian Nama Durgo Ngerik Era Majapahit Abad Ke 14 Tangguh Daha Kadiri Asal Jawa Timur Material Artefak Kuno Sejarah Dunia Artefak

Hulu Keris Emas Abad Ke 9 14 Jawa Timur Artefak Tokoh Sejarah Sejarah

Keris Hilt 58 Hulu Gaya Bali Seni Ukiran Budaya

Handle Keris Bali Senjata Seni Tombak

Keris 15 Antik Pedang Senjata

Hulu Keris Bali Batu Mulia Artefak Antik

Cintailah Keris Senjata Antik Indonesia

Pin On Arms And Armor

Hulu Keris Senjata Seni Kreatif


0 komentar:

Posting Komentar