Kumpulan Informasi Bergambar Tentang Keris Lengkap

Selasa, 24 November 2020

Keris Berasal Dari Indonesia Atau Malaysia

Bagian bagian keris keris atau dhuwung terdiri dari tiga bagian utama yaitu bilah wilah atau daun keris ganja penopang dan hulu keris ukiran pegangan keris. Selain indonesia negara yang kini memiliki budaya ini adalah malaysia brunei darussalam kamboja thailand dan di pulau jawa keris digolongkan sebagai salah satu cabang budaya tosan aji.

Keris 15 Pedang Senjata Antik

Di pulau bali senjata itu disebut kadutan atau kedutan.

Keris berasal dari indonesia atau malaysia. Bagian yang harus ada adalah bilah. Hiasan ini dibuat untuk memuliakan keris itu atau sebagai penghargaan si pemilik terhadap kerisnya. Di tengahnya terdapat lubang pesi bulat persis untuk memasukkan pesi sehingga bagian wilah dan ganja tidak terpisahkan.

Dan salah satu keris kerajaan yang sangat terkenal di malaysia adalah keris yang dipertuan agong. Keris kebesaran itu terdiri dari sebuah keris pendek sebuah keris panjang keris penyalang atau gabus ataupun disebut keris alang juga dipanggil keris terapang. Unesco sebuah badan perserikatan bangsa bangsa yang menangani kebudayaan dalam sidangnya di paris 25 november 2005 telah menetapkan keris sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari.

Di indonesia keris yang baik pada umumnya selain berpamor juga diberi hiasan tambahan dari emas perak maupun permata. Keris adalah senjata tradisional khas indonesia yang dalam perkembangannya budaya keris mengikuti perjalanan sejarah dan kini budaya ini telah tersebar hingga ke negara negara lain. Keris keris itu semuanya menjadi simbol kekuasaan melayu.

Di daerah lain sebutan lain di antaranya adalah tappi selle gayang kres kris atau karieh. Keris indonesia telah terdaftar di unesco sebagai warisan budaya dunia non bendawi manusia sejak tahun 2005. Jawa diharapkan manfaat gaibnya serta tidak pernah diasah setelah keris itu jadi.

Pada pangkal dasar keris atau bagian bawah dari sebilah keris disebut ganja untuk daerah semenanjung melayu menyebutnya aring.

Keris Pusaka Keris Mangkubumen Putran Tombak Senjata Pisau

Gambar Keris Taming Sari Legenda Indonesia Populer

Keris Kyai Sabuk Inten Pusaka Dunia Seni Tradisional Seni Batu Akik

Diluar Cerita Legenda Keris Adalah Sebuah Senjata Tikam Yang Berasal Dari Indonesia Malaysia Dan Filipina Dengan Bilah Tajam Di Kedua S Legenda Dunia Filipina

Kris Dagger 16th Century Indonesia Malaysia Steel Buffalo Bone Caravana Collection Full Length 68 Cm Blade Length 38 Cm Pencak Silat Seni Pisau

Pin Oleh Faisal Suryo Di Keris Indonesia Di 2020 Art Indonesia

Pin Oleh Sulis Tianto Di Keris Nusantara Perang Pedang Tombak

Indonesian Javanese Gayaman Keris Kris Javanese Indonesian Historical Illustration

Pin Oleh Heru Cahyono Di Keris Di 2020 Antik Gambar Senjata

Pin Di Keris

Keris Kebo Lajer Gajah Tombak Indonesia


0 komentar:

Posting Komentar