Kumpulan Informasi Bergambar Tentang Keris Lengkap

Sabtu, 14 November 2020

Jenis Pamor Keris

By admin on 09 07 2012 keris. Contoh pamor jwalana adalah.

Keris Jalak Ngore Pamor Luar Biasa Jalak

Hanya tampak seperti urat halus atau serat saja.

Jenis pamor keris. Pengertian pamor lebih mudahnya adalah gambar yang terdapat di sebuah bilah tosan aji. Pada keris muda pengawak waja memang tidak diselipi bahan pamor tetapi pada keris tua masih mengandung bahan pamor walau tidak kelihatan karena penempaan dibuat ratusan kali bahkan ribuan kali lipatan sehingga sudah menyatu dan luluh bilahnya. Pamor blarak ngirid pamor kenanga ginubah pamor wiji timun pamor untu walang dan pamor udan mas.

Dibandingkan dengan pamor miring jenis pamor mlumah relatif lebih mudah pembuatannya dan risiko gagalnya lebih kecil. Ini istilah untuk keris tanpa pamor sama sekali. Jenis pamor keris ditinjau dari teknik pembuatannya dikenal ada nya dua macam pamor yaitu pamor mlumah dan pamor miring.

Sedangkan arti yang kedua dimaksudkan sebagai bahan pembuat pamor itu. Nama untuk pamor keris berlaku juga untuk tosan aji lainnya seperti tombak wedung pedang dsb. Pada keris muda pengawak waja memang tidak diselipi bahan pamor tetapi pada keris tua masih mengandung bahan pamor walau tidak kelihatan karena penempaan dibuat ratusan kali bahkan ribuan kali lipatan sehingga sudah menyatu dan luluh bilahnya.

Kegunaan keris bagi masyarakat jawa bermacam macam. Khusus pamor yang pemilih yang biasanya diperuntukan untuk kedudukan tertentu atau karakter tertentu sebaiknya di tayuh dahulu apakah cocok atau tidak sedangkan yang tidak pemilih bisa dimiliki oleh siapa saja. Jenis jenis pamor keris benda pusaka batu mustika asli alami bertuah dan khodam sakti tarikan ghaib kebal anti tembak keris jenglot merah.

Pamor keris adalah sebuah corak yang terdapat diantara bilah besi dalam keris yang terbuat dari material meteor ataupun nikel. Bentuk garnbaran pamor ini sesuai dengan namanya serupa ganggang yang hanyut di air mengalir. Dengan demikian setelah pamor itu jadi tampak seperti kombinasi antara pamor miring dan pamor mlumah.

Pamor mengandung dua pengertian. Di dalam setiap pamor terkandung filosofi nilai moral ajaran hidup dan spiritual maksud harapan doa sang empu dan sang pemilik. Penamaan untuk pamor keris berlaku juga untuk tosan aji lainnya seperti tombak wedung pedang dsb.

Pamor keris dan jenis jenisnya 0. Ini istilah untuk keris tanpa pamor sama sekali. 2 pamor anukarta yakni pamor yang dibuat secara sengaja direncanakan oleh sang empu.

Jenis pamor keris bermotif gambaran pamor muyeng atau rumit pada waktu penempaan banyak bagian pamor yang semula merupakan pamor miring menjadi mlumah. Jenis pamor keris ada banyak macamnya dimana tujuan dibuatnya mengandung filosofi kegunaan dari setiap motif nya contoh motif pamor yang banyak dicari adalah udan mas banyu mili. Hanya tampak seperti urat halus atau serat saja.

Pertama menunjuk pada gambaran tertentu berupa garis lengkungan lingkaran noda titik atau belang belang yang tampak pada permukaan bilah keris tombak dan tosan aji lain. Pamor mega mendhung pamor urap urap dan pamor ngulit semangka. Itulah sebabnya rata rata nilai mas kawin harga keris berpamor mlumah lebih rendah dibandingkan keris yang berpamor miring.

Pamor Keris Sejarah Seni Artefak Seni

Istilah Pamor Keris Tombak Dan Tosan Aji Lainnya Mengandung Dua Pengertian Yang Pertama Ialah Menunjuk Gambaran Motif Tertentu Pa Sejarah Seni Gambar Artefak

Keris Singo Barong Asli Indonesia

Keris Pusaka Kalamisani Pb Sepuh Kartosuro 7 Tembaga Tombak

Keris Lurus Brojol Wahyu Tumurun Madura Sepuh Kode 102 Dunia Keris

Produk Keris Omyang Jimbe Udan Mas Foto Zaman Dulu Antik Gambar

Pin Di Mojokutho Tosan Aji

Umbul Harjo Djawa Art Gallery Kode Lup 340 Keris Pusaka Sepuh Luk 7 Senjata Indonesia Sejarah

Keris Luk 13 Daphur Sengkelat 2 Jenis Pamor Pamor Tirto Tumetes Pamor Udan Mas Tombak

Keris Tilam Upih Pamor Lar Gangsir Sempurna Kode 114 Dunia Keris Seni Senjata Antik

Keris Pamor Byor Jenis Lajer Dapur Brojol Pamor Wahyu Tumurun Dengan Terdapat Pamor Rojo Gundolo Orang Semadi Sis Senjata Gerobak Dorong Tombak


0 komentar:

Posting Komentar