Kumpulan Informasi Bergambar Tentang Keris Lengkap

Selasa, 24 November 2020

Jenis Pamor Keris Melayu

Jenis pamor keris ditinjau dari teknik pembuatannya dikenal ada nya dua macam pamor yaitu pamor mlumah dan pamor miring. Keris jenis itu misalnya keris sundang.

Keris Melayu Pamor Bulu Ayam Sepuh Malang Jualo

Kebanyakan keris terdiri dari jenis yang berlok sama ada tiga lima tujuh atau sembilan dan lurus.

Jenis pamor keris melayu. Keris mempunyai berbagai bagai bentuk dan ukuran. Terdapat mata keris yang lurus dan berlok lok dengan keindahan pamor serta hulu yang menarik dan juga sarungnya. Keris mempunyai berbagai bagai bentuk dan ukuran.

Pengertian pamor lebih mudahnya adalah gambar yang terdapat di sebuah bilah tosan aji. Kebanyakan keris terdiri dari jenis yang berlok sama ada tiga lima tujuh atau sembilan dan lurus. Di dalam setiap pamor terkandung filosofi nilai moral ajaran hidup dan spiritual maksud harapan doa sang empu dan sang pemilik.

Keris melayu mempunyai beragam bentuk dan ukuran. Itulah sebabnya rata rata nilai mas kawin harga keris berpamor mlumah lebih rendah dibandingkan keris yang berpamor miring. Beliau berkata keris pada zaman dahulu kebiasaannya akan disalut dengan bahan arsenik atau digelar warangan dalam bahasa jawa.

Memang sebagian besar pecinta keris baik di pulau jawa maupun di daerah lain mengganggap keris bukan sekadar benda yang terbuat dari besi baja dan pamor yang dibentuk indah. Pada keris muda pengawak waja memang tidak diselipi bahan pamor tetapi pada keris tua masih mengandung bahan pamor walau tidak kelihatan karena penempaan dibuat ratusan kali bahkan ribuan kali lipatan sehingga sudah menyatu dan luluh bilahnya. Ia terbentuk daripada perbezaan jenis besi yang digunakan dalam teknik pembuatan mata keris.

Di samping itu ada keris melayu yang ujungnya seperti mata pedang. Penamaan untuk pamor keris berlaku juga untuk tosan aji lainnya seperti tombak wedung pedang dsb. Jenis pamor keris berbicara mengenai budaya keris tanpa menyinggung soal tuahnya bagaikan makan sup tanpa garam hal itu memang benar adanya.

Pamor keris adalah sebuah corak yang terdapat diantara bilah besi dalam keris yang terbuat dari material meteor ataupun nikel. Jenis pamor keris ada banyak macamnya dimana tujuan dibuatnya mengandung filosofi kegunaan dari setiap motif nya contoh motif pamor yang banyak dicari adalah udan mas banyu mili. Hanya tampak seperti urat halus atau serat saja.

Pamor pada keris terhasil semasa proses pembuatan senjata itu. Penerbit universiti putra malaysia serdang 2015. Terdapat mata keris yang lurus dan berlok lok dengan keindahan pamor serta hulu yang menarik dan juga sarungnya.

Sebagian besar keris melayu memiliki jenis yang berlok samada tiga lima tujuh atau sembilan dan lurus. Oleh itu bilahnya jenis yang berpamor. Antara jenis pamor yang terdapat ialah pamor miang perak pamor beras tumpah pamor kulit tembikai pamor perut ular.

Ini istilah untuk keris tanpa pamor sama sekali. Keris melayu juga ada yang memiliki panjang sampai 61 cm dan berlok sampai 29 lok. Suatu pengenalan oleh abdul mua ti zamri ahmad.

Dibandingkan dengan pamor miring jenis pamor mlumah relatif lebih mudah pembuatannya dan risiko gagalnya lebih kecil. Keris mempunyai dua belah mata melebar di pangkal dan tirus dihujungnya serta tajam. Keris mempunyai dua belah mata melebar di pangkal dan tirus dihujungnya serta tajam.

Keris Santan Luk 11 Pamor Singkir Tangguh Melayu Sriwijaya Sepuh Kuno Shopee Indonesia

Warisan Adiluhung All About Keris

Warisan Seni Purba Perak

Pamor Bire Dzal Sirip Naga Griyo Kulo

Arti Pamor Keris Pemilih Galeri Keris Pusaka

Pusaka Keris Palembang Melayu Sumatra Sriwijaya Pamor Singkir Sepuh Kuno Tua Shopee Indonesia

Pamor Keris Melayu Pamor Adalah Corak Kami Budak Melayu Riau Facebook

Pamor Keris Lengkap Dengan Gambar Hanya Ada Di Dunia Keris

Keris Brojol Pamor Sekar Kopi

Keris Luk 13 Daphur Sengkelat 2 Jenis Pamor Pamor Tirto Tumetes Pamor Udan Mas Tombak

Pamor


0 komentar:

Posting Komentar