Kumpulan Informasi Bergambar Tentang Keris Lengkap

Rabu, 18 November 2020

Jenis Keris Dan Pamornya

Jenis keris pamor sama. Keris dan tombak tangguh jenggala sudah menampilkan rekayasa pamor yang amat indah dan mengagumkan.

Pin Di Mojokutho Tosan Aji

Apapun pamornya keris ini tuahnya buruk dan biasanya membawa suasana sengketa serta salah pengertian.

Jenis keris dan pamornya. Pamor keris adalah suatu motif yang terdapat pada bilah keris. Itulah sebabnya rata rata nilai mas kawin harga keris berpamor mlumah lebih rendah dibandingkan keris. Contoh motif pamor yang banyak dicari adalah udan mas banyu mili junjung drajat blarak sineret buntel.

Permukaan bilah keris yang pamornya tergolong mbugisan rabaannya halus sedangkan gradasi berbedaan warna antara besinya yang hitam dan pamornya yang putih keperakan tidak nyata terlihat tidak kontras. Banyak sekali para empu dan para pecinta keris percaya bahwa motif pamor pada keris mempunyai tuah khasiat yang berbeda beda. Pamor ini bukan berasal dari ketidaksengajaan melainkan karena teknik tempa dan rekayasa si empu.

Di dalam setiap pamor terkandung filosofi nilai moral ajaran hidup dan spiritual maksud harapan doa sang empu dan sang pemilik. Jenis pamor keris ditinjau dari teknik pembuatannya dikenal ada nya dua macam pamor yaitu pamor mlumah dan pamor miring. Keris yang telah auspun pamornya bisa berubah menjadi rejang landep.

Pamor sendiri muncul karena kreativitas sang empu atau bahkan muncul secara tidak sengaja tiban. Penamaan untuk pamor keris berlaku juga untuk tosan aji lainnya seperti tombak wedung pedang dsb. Pengertian pamor lebih mudahnya adalah gambar yang terdapat di sebuah bilah tosan aji.

Pamor ini memudahkan mencari rejaki juga dipercaya orang memudahkan anak gadis atau janda dalam mencari jodoh dan pamor ini tidak pemilih. Ada beberapa jenis pamor yang bentuknya hampir sama dan sering dikacaukan orang penamaannya. Bahan pamor ada empat macam yang sering digunakan dalam pembuatan keris dan tosan aji lainnya.

Dibandingkan dengan pamor miring jenis pamor mlumah relatif lebih mudah pembuatannya dan risiko gagalnya lebih kecil. Yang paling sering dikacaukan adalah pamor wos wutah pulo tirto dan pendaringan kebak. Pamor keris adalah sebuah corak yang terdapat diantara bilah besi dalam keris yang terbuat dari material meteor ataupun nikel.

Memaharkan berbagai jenis keris tosan aji kris. Ada yang bermanfaat dan ada juga yang mengandung kutukan. Tetapi ada juga yang menyimpan dengan maksud tuah keris ini bisa membantu bila yang punya melakukan suatu kesalahan dan bisa terhindar dari hukuman.

Jenis pamor keris ada banyak macamnya dimana tujuan dibuatnya mengandung filosofi kegunaan dari setiap motif nya. Pamor mbugisan adalah istilah penilaian pamor melalui kesan penglihatan dan rabaan. Pamornya berupa bulatan besar dan kecil rapat satu sama lainnya dan disela pamor yang berbentuk pusaran pusaran itu ada semacam titik titik pamor kecil.

Keris Jalak Ngore Pamor Luar Biasa Jalak

Keris Luk 13 Daphur Sengkelat 2 Jenis Pamor Pamor Tirto Tumetes Pamor Udan Mas Tombak

Keris Singo Barong Asli Barong Antik Indonesia

Keris Sempono Luk 9 Pamor Miring Toya Mambeg Sepuh Tangguh Cirebon 8 Solo Senjata Hiasan

Keris Lurus Brojol Wahyu Tumurun Madura Sepuh Kode 102 Dunia Keris

Keris Tilam Upih Pamor Lar Gangsir Sempurna Kode 114 Dunia Keris Seni Senjata Antik

Umbul Harjo Djawa Art Gallery Kode Lup 340 Keris Pusaka Sepuh Luk 7 Senjata Indonesia Sejarah

Istilah Pamor Keris Tombak Dan Tosan Aji Lainnya Mengandung Dua Pengertian Yang Pertama Ialah Menunjuk Gambaran Motif Tertentu Pa Sejarah Seni Gambar Artefak

Keris Singo Barong Asli Indonesia

Keris Sengkelat Pamor Kulit Semongko Asli Asli Senjata Tombak

Keris Pamor Byor Jenis Lajer Dapur Brojol Pamor Wahyu Tumurun Dengan Terdapat Pamor Rojo Gundolo Orang Semadi Sis Senjata Gerobak Dorong Tombak


0 komentar:

Posting Komentar