Kumpulan Informasi Bergambar Tentang Keris Lengkap

Minggu, 25 Oktober 2020

Senjata Keris Jawa Tengah

Keris adalah senjata tradisional jawa tengah yang sangat terkenal kemasyhuran dan bentuknya. Senjata keris ini diakui sebagai senjata tradisional yang mempunyai nilai seni yang tinggi.

Pin Oleh Pepperkoek Di Keris Nusantara Seni Indonesia Tombak

Senjata tikam lain asli nusantara adalah.

Senjata keris jawa tengah. Jenis senjata tikam yang memiliki kemiripan dengan keris adalah badik. Hal itu karena bahan baku yang digunakan adalah 19 bahan logam terbaik. Senjata keris merupakan senjata tradisional jawa tengah yang sangat terkenal bentuknya.

Keris merupakan salah satu senjata yang cukup terkenal dari pulau jawa. Selain kekuatan fisiknya keris juga dipercaya memiliki kekuatan gaib yang bisa menyakiti musuh tanpa menyentuh. Senjata tradisional khas jawa tengah yang bernama keris ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis bentuknya mulai yang dari tanpa lekukan pada batangnya terus yang ada lekukan sampai 3 lekukan 5 7 dan seterusnya.

Keris yang berasal dari jawa tengah terlihat lebih detail. Keris memiliki bentuk yang sangat unik. Senjata adat jawa tengah yang bernama keris ini bisa ditemukan dalam berbagai bentuk ada yang tanpa luk lekukan ada yang berlekuk 3 5 7 dan seterusnya.

Penasaran dengan penjelasan mengenai senjata tradisional jawa tengah lainnya. Meskipun pada zaman itu belum ada alat peneliti logam namun para empu bisa melihat dan merasakan bahan logam yang baik untuk pembuatan keris. Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar sering kali bilahnya berkelok kelok dan banyak di antaranya memiliki pamor yaitu terlihat serat serat lapisan logam cerah pada helai bilah.

Keris adalah senjata tikam golongan belati berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan nusantara bagian barat dan tengah. Pada saat ini keris lebih difungsikan sebagai aksesoris pakaian adat jawa tengah juga sebagai benda souvenir yang banyak dikoleksi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahan baku itu digunakan agar bisa awet sampai berusia ribuan tahun.

Sebenarnya sudah sejak zaman dahulu bahwa keris merupakan simbol yang melambangkan kekuatan di daerah jawa baik itu untuk perempuan atau laki laki. Ya siapa sih yang nggak tahu kalau keris adalah senjata tradisional wajib di jawa juga jawa tengah senjata ini sudah populer. Keris adalah senjata tikam golongan belati dengan banyak fungsi budaya yang dikenal di kawasan nusantara bagian barat dan tengah.

Kita juga dapat menemukan senjata yang sama tetapi senjata keris khas jawa tengah ini lebih condong terkenal karena sering sekali dianggap memiliki tuan tertentu. Salah satu senjata tradisional jawa tengah yang paling terkenal adalah keris. Sehingga nggak heran kalau dulu senjata ini jadi salah satu senjata idaman dan andalan.

Selain punya nilai seni dan estetika yang sangat tinggi senjata ini bisa melumpuhkan lawan dari jarak dekat. Senjata ini memang banyak dijumpai di berbagai daerah di wilayah nusantara. Hal ini dikarenakan sejak zaman kuno keris telah memiliki arti yang begitu penting terutama dalam perkembangan sejarah kebudayaan bangsa indonesia.

Senjata ini memang banyak ditemui di berbagai daerah di wilayah indonesia. Hal tersebut dikarenakan sejak zaman kuno keris telah memiliki arti yang begitu penting terutama dalam perkembangan sejarah kebudayaan bangsa indonesia.

Pin Di Traditional Weapons

Keris Pusaka Jalak Sangu Tumpeng Mataram Merupakan Keris Pusaka Yang Sangat Langka Dan Sulit Sekali Untuk Didapatkan Keris Pusaka Dengan Be Jalak Senjata Seni

Pin Oleh Di Ligan Senjata Ukiran Pedang

Senjata Tradisional Jawa Tengah Senjata Indonesia Gambar

Pin Di Keris Naga

A Royal Palembang Keris With Dapur Naga Sasra Luk 11 Fiksi Sejarah Antik Senjata

Pin Oleh Lorissa Wisteria S Di Keris Senjata Antik Tombak

Keris Kyai Sabuk Inten Pusaka Dunia Seni Tradisional Senjata Batu Akik

Pin Di Keris

Keris Wilwatikta Majapahit Laman 4 Di 2020 Artefak Senjata Pedang

Pin Oleh Janoko Panji Di Keris


0 komentar:

Posting Komentar