Kumpulan Informasi Bergambar Tentang Keris Lengkap

Selasa, 20 Oktober 2020

Keris Lurus Pendek

Sebagaian ada yang tidak berbadan naga sebagaian orang menyebutnya dapur naga. Sering kali garis garis itu bukan garis yang utuh melainkan terputus putus.

Melayu Tolen Keris Melayu Riau Lurus Bahari

Jika garis itu tidak terputus disebut parnor adeg mrarnbut.

Keris lurus pendek. Jenis keris lurus dengan guratan bahan emas memanjang di dua sisi mulai mustaka kepala sampai ekor serta mendhak atau cincinnya bertahta mata berlian itu dibanderol hingga rp 7 miliar oleh pemilik. Jenis pamor keris ini merupakan salah satu motif atau pola gambaran pamor yang bentuknya menyerupai deretan garis yang membujur dari pangkal hingga ujung keris seperti rarnbut lurus yang terurai. Beberapa belati temuan dari kebudayaan dongson memiliki kemiripan dengan keris buda dan keris sajen.

Keris ini memakai kembang kacang pogol lambe gajah nya hanya satu. Dari bentuknya ada 2 macam jenis keris yaitu keris lurus dan berlekuk. Ukuran panjang bilahnya tergolong pendek tidak lebar dan permukaannya rata keris ini memakai dua kembang kacang masing masing di sisi depan dan belakang.

Keris dengan ukuran relatif pendek itu memiliki cincin emas tua juga dan merupakan penemuan di sungai brantas kediri beberapa tahun silam yang. Tidak demikian halnya dengan citra naga di peradaban timur. Adapun yang bentuknya agak kecil dan lebih pendek dulunya dibuat untuk istri bangsawan dan untuk rohaniwan dan para sesepuh masyarakat.

Dalam kategori keris lurus termasuk juga pusaka lain yang bentuknya tidak mirip keris tetapi dimasukkan dalam kategoti keris. Para sejarawan umumnya bersepakat keris dari periode pra singasari dikenal sebagai keris buda yang berbentuk pendek dan tidak berluk lurus dan dianggap sebagai bentuk awal prototipe keris. Jenis keris lurus adalah jenis keris yang sederhana dalam bentuknya pada awalnya.

Selain itu tidak ada ricikan lainnya. Gandik nya tebal polos dan agak panjang. Keris ini juga memakai sogokan rangkap ukurannya normal.

Para sejarawan umumnya bersepakat keris dari periode pra singasari dikenal sebagai keris buda yang berbentuk pendek dan tidak berluk lurus dan dianggap sebagai bentuk awal prototipe keris. Di atas gandik ada kembang kacang kecil dengan posisi terbalik tanpa jalen. Namun seiring perkembangan jaman bentuk lurusnya tidak lagi sederhana karena dihiasi dengan bermacam macam motif pamor dapur keris dan hiasan seperti pamor udan mas dan melati rinonce.

Pada gandiknya biasanya diberi hiasan sinarasah yang tangguh tua tidak di sinarasah. Sebagai senjata fisik keris lurus berfungsi murni sebagai senjata tusuk dan sabet menjadi senjata yang diandalkan untuk menusuk dan. Pendek kata naga adalah ancaman bagi manusia.

Sumber lain menyebutkan bahwa keris dapur semar betak berbilah lurus pendek lebar dan rata. Kata putut sebenarnya berarti pendeta atau pertapa muda tetapi bentuk yang diukir pada gandik keris putut kadang kadang lebih menyerupai monyet duduk. Prasasti dakuwu abad ke 6 menunjukkan ikonografi india yang menampilkan wesi aji seperti trisula kudhi arit dan keris sombro.

Naga tapa keris lurus dgn gandik berbentuk ganan naga dada menyentuh ganja badan naga lurus mengikuti bilah keris. Dapur keris putut merupakan nama dapur keris lurus yang ukuran panjang bilahnya agak pendek lebar gandiknya diukir seperti orang duduk atau monyet duduk tanpa ricikan lain pamornya umumnya sederhana. Catatan dapur keris ganan naga.

Jenis Dan Ciri Ciri Dapur Keris Lurus Lt

Jual Keris Lurus Asmaul Husna Kamardikan Di Lapak Rajendra Pusaka Mulia Bukalapak

Jual Keris Lurus Sepuh Di Lapak Faizin Bukalapak

Keris Unik Langka Gandik Pendek Sodo Sak Ler Kab Sragen Jualo

Jual Produk Keris Cundrik Kuno Termurah Dan Terlengkap Januari 2021 Bukalapak

Keris Tjokrosuharto Arts Crafts

Mengenal Keris Spiritual Keris Lurus Dan Keris Luk

Keris Lurus Dan Keris Luk Javanese2000 Filosofi Kebatinan Spiritual Dan Kegaiban

Jual Keris Lurus Tilam Upih Sepuh Tangguh Majapahit Di Lapak Fitri Permata Bukalapak

Keris Yang Paling Banyak Di Cari Oleh Kolektor Keris Leluhur

Dapur Keris Lurus Bag I Blog Hadisukirno


0 komentar:

Posting Komentar