Kumpulan Informasi Bergambar Tentang Keris Lengkap

Jumat, 30 Oktober 2020

Gambar Keris Lombok

Demikian juga warangkanya nyaris sama. Dunia keris selamat datang kerabat perkerisan.

Tampaksiring Keris Lombok Keris Kerisjawa Kerisbali Kerislombok Di 2020 Pulau Lombok Instagram

Istilah ganja pesi pejetan pamor dan dhapur pada keris jawa sama dengan keris lombok meski sebutannya menggunakan bahasa lokal sasak.

Gambar keris lombok. Tempatnya berjarak 2 jam perjalanan dari kota selong. Sedangkan keris sumbawa berukuran besar dan pendek yaitu antara 34 cm 51 cm. Diperkirakan keris dikenal di lombok pada masa majapahit abad ke 15.

Walaupun demikian wilayah ini dulu juga merupa kan daerah produksi keris. Pada gambar di atas saya yakin sampeyan mengenalnya. Rinjani sembalun bumbung sembalun kabupaten lombok timur ntb 83656 cara ke sana.

Dalam perkembangan selanjutnya keris lombok lebih mirip dengan keris bali sedangkan keris sumbawa baik dari suku mbojo maupun samawa mirip dengan keris sulawesi selatan bugis makasar. Adapun suku asli yang mendiami di provinsi ini adalah suku sasak suku bima dan suku sumbawa. Kemudian lanjutkan melalui jalan raya mataram labuan lombok dan jalan segara anak ke jalan wisata gn.

Dari selong susuri sepanjang jalan sultan agung menuju jalan pejanggik di majidi. Terletak antara 115 46 119 5 bujur timur dan 8 10 9 g 5 lintang selatan. Senjata tradisional dari 32 provinsi.

Keris juga ditemukan di provinsi nusa tenggara barat. Jawa timur jawa barat sumatera sulawesi papua gorontalo nusa tenggara timur kalimantan aceh dan lainnya. 4 senjata tradisional nusa tenggara barat tradisikita provinsi nusa tenggara barat terdiri dari pulau lombok dan pulau sumbawa memiliki luas wilayah 20 153 15 km2.

Berbeda dengan keris jawa yang panjangnya 49 51 cm. Adanya dua jalur yang dilalui budaya keris masuk ke ntb yaitu jalur utara dari bugis masuk ke ntb bagian timur dan jalur barat dari bali ke lombok. Bentuk bilah keris buat an nusa tenggara barat terutama lombok amat serupa dengan keris bugis.

Keris lombok pada umumnya berukuran besar dan panjang yaitu antara 58 cm 71 cm. Keris yang berada di ntb terbagi menjadi dua budaya yaitu keris lintasan utara yang berasal dari bagis di provinsi ntb bagian timur dan lintas barat yang berasal dari pulau bali kebagian ntb tepatnya pulau lombok. Satu petunjuk keris yang ditemukan di lombok panjangnya 58 71 sentimeter cm sementara keris yang ditemukan di sumbawa panjangnya 34 51 cm.

Taman wisata pusuk sembalun. Keris tak hanya ditemukan di pulau jawa pulau sumatera pulau kalimantan dan lainnya. Perbedaan keduanya terutama dari segi bentuk.

Perbedaan yang paling mencolok dari keduanya adalah dari segi bentuk keris lombok pada umumnya berukuran sedikit lebih besar serta lebih panjang yakni antara 58 cm 71 cm. Ada bermacam macam nama buat penutup ketua satu ini timbul yang menyebutnya songkok kopyah bahkan di kampung halaman saya memiliki nama sendiri yakni kethu. Tetapi keris buatan lombok dan sumbawa relatif lebih tipis dan sedikit lebih pendek.

Hampir semua bilahnya mucuk bung. Sementara itu keris jawa berukuran sedang antara 49 cm 51 cm.

Pin On Kristypes

Indonesian Kriss Lombok Keris Pamor Tiban Pattern Tombak Pedang Senjata

Antique Gold Plated Bali Lombok Keris Middle 19th Century

Keris Bali Bersejarah Ki Tunjung Tutur Bali Aga Senjata Indonesia Antik

Old Lombok Keris Long Sword Iron Blade Pamor Tiban 19centu Indonesian Kris Kriss Seni Pisau Indonesia

Old Keris Lombok 9 Luk 22 K Gold Kris Kriss Krissen Ma45 Lombok Gold Olds

Pin On Antique Arms Armour

Eleven Waves Keris From Lombok

Pin On Seni

Keris Lombok Koleksi Lalu Darwil Kreatif

Pin Di Keris Nusantara


0 komentar:

Posting Komentar